Langsung ke konten utama

Peranan Semiotik Pada Batik Kawung

Batik kawung merupakan salah satu batik tulis tertua di Indonesia. Motif Kawung berpola bulatan mirip buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian.

 Biasanya motif-motif Kawung diberi nama berdasarkan besar-kecilnya bentuk bulat-lonjong yang terdapat dalam suatu motif tertentu. Misalnya : Kawung Picis adalah motif kawung yang tersusun oleh bentuk bulatan yang kecil. Picis adalah mata uang senilai sepuluh senyang bentuknya kecil. Sedangkan Kawung Bribil adalah motif-motif kawung yang tersusun oleh bentuk yang lebih besar daripada kawung Picis. Hal ini sesuai dengan nama bribil, mata uang yang bentuknya lebih besar daripada picis dan bernilai setengah sen. Sedangkan kawung yang bentuknya bulat-lonjong lebih besar daripada Kawung Bribil disebut Kawung Sen.
 
batik kawung pemoeda.co.id
Motif batik kawung adalah salah satu motif batik larangan. Dalam sejarahnya motif batik kawung hanya diperuntukkan bagi keluarga bangsawan dan pejabat keraton. Batik kawung memiliki pola geometris dan mempunyai arti khusus dalam filosofi jawa yang mencerminkan adanya satu pusat kekuatan dalam alam semesta, begitu pun ada pusat kekuasaan diatara manusia. Pusat kekuatan atau kekuasaan dalam motif kawung dikelilingi oleh empat bentuk bulatan, segiempat, atau bintang-bintang. Dalam corak kawung, raja adalah pusat kekuasaan di dunia, pemimpin manusia, pelindung yang lemah dan benar. Seorang raja dalam kepercayaan jawa kuno juga dianggap sebagai penjelmaan dewa di dunia.
Warna pada motif batik kawung tidak terbatas pada 3 warna saja (coklat, putih dan hitam). Terdapat beberapa warna lain dalam motif batik kawung. Seperti warna merah yang dapat bermakna sebagai semangat kerja yang tinggi dan berani. Warna putih sebagai kesucian, bersih dan jujur. Warna hitam sebagai ketenangan, teguh dan damai, serta warna kuning sebagai penerang. 
Pada dasarnya bahwa batik klasik dapat menunjukan tanda-tanda bagi seseorang tentang statusnya. Pada batik kawung tanda tersebut berupa gambaran motif dan warna yang mengandung arti filosofis. Oleh karena itu untuk mengetahui peranan semiotik pada batik kawung perlu kiranya mengkaji berdasarkan aspek-aspek yang terdapat pada ketiga hubungannya, yaitu objek, media dan interpretasi. 
1.    Objek
Pada batik kawung terdapat aspek symbol, yaitu sistem tanda yang mengarah kepada suatu pengertian yang terkait dalam konvensi tertentu pada waktu itu. Symbol pada batik kawung dapat diartikan sebagai suatu wujud dari bentuk yang mempunyai maksud tertentu dalam menyatakan hal-hal yang tidak nampak. Maksud dan tujuan dari penciptaan motif pada batik kawung adalah didasar kan adanya "rasa nembah" (bersujud), mendidik berbuat sabar, hati-hati, teliti, tekun dan berbuat baik. 
2.    Media
Pada batik kawung terdapat aspek quali-sign, yaitu penampilan kualitas fisik dari bentuk motif kawung dan warnanya serta bahan yang digunakan. Pengertian motif pada batik kawung didasari oleh pohon aren yang buahnya disebut "kolang-kaling", dan bunga teratai yang mempunyai buah bentuknya bulatan lonjong sebanyak empat buah ditambah satu titik ditengahnya sebagai pusat. Warnanya terdiri dari tiga warna, yaitu putih yang berarti kejujuran, coklat berarti sabar dan biru wedel berarti keluhuran. Bahannya terbuat dari mori halus sebagai kain sinjangan yang dalam bahawa Jawa disebut jarit.
3.    Interpretasi
Pada batik kawung terdapat aspek disent yang memberikan tanda sebagai arti kepada sesuatu yang boleh dan tidak boleh. Hal ini berhubungan dengan pemakaian batik kawung, yaitu yang berhak mengenakannya adalah para abdi dalem keraton yang kinasih, artinya abdi yang dekat dengan raja atau keluarga raja. Mulai abdi rendahan (emban dan punakawan) sampai yang berkedudukan tumenggung, dan dipakai dalam kegiatan tertentu seperti upacara ritual dan resepsi perkawinan.


Berdasarkan pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pada batik kawung terdapat simbol-simbol atau tanda yang menunjukan kepada sesuatu yang bersifat transenden. Simbol tersebut tidak bisa difahami secara harafiah, tetapi didalamnya terkandung perlambangan aspek ketuhanan, falsafah hidup dan konsep keselarasan hidup. Hal tersebut merupakan keselarasan hidup yang lebih baik antara kehidupan duniawi dengan kehidupan dikemudian hari (akhirat).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Tiket Pesawat Online

Bangtan Boys atau BTS menggelar konser bertajuk 'BTS Wings Tour in Jakarta'

Bangtan Boys atau BTS hari ini akan menggelar konser bertajuk 'BTS Wings Tour in Jakarta', di ICE BSD, Tangerang. Belum juga konser dimulai, ARMY (nama fans BTS) sudah marah-marah.

Kekecewaan fans tersebut berasal dari tidak jelasnya sistem antrean, dan pemberitahuan pihak promotor, IME Production, yang cenderung dadakan. Menurut salah satu penonton, promotor secara mendadak meminta fans untuk mengantri nomor antrean sejak pukul 08.00 WIB, sehingga mau tidak mau fans pun berangkat ke venue lebih awal. Padahal konser baru akan dimulai pukul 18.30 WIB.

Setelah mendapatkan nomor antrean, para penonton konser BTS kembali diminta untuk mengantre, namun tidak beraturan. Para pihak pengamanan pun seperti tidak diberi pengarahan terlebih dahulu oleh promotor, sehingga tak bisa menjawab pertanyaan para fans yang mengantre.

"Antrean nggak jelas. Nggak dipisah antara benefit dengan non benefit. Security ditanya ini antrean apa juga nggak tahu. Nggak dipisah juga section-nya," ujar…

Temukan Dekorasi Meriah dengan Harga Murah di Blanja.com

Tidak terasa beberapa hari lagi akan menjelang hari raya Lebaran. Apa saja yang sudah Anda persiapkan untuk menyambut hari raya Kemenangan besok ini? Tahukah Anda, untuk menyambut hari lebaran bukan hanya makanan ataupun pakaian yang wajib Anda siapkan. Anda juga perlu menyiapkan beragam dekorasi untuk memeriahkan hari suci nan fitri. Tidak usah khawatir kesulitan untuk mendapatkannya, sebab hanya di blanja.com, Anda bisa mendapatkan harga termurah untuk beragam dekorasi Lebaran Jangan lewatkan dekorasi-dekorasi unik di blanja.com yang bisa menghiasi rumah Anda. Ya, cuma di blanja.com yang bisa memberikan banyak diskon dekorasi Lebaran besar-besaran. Bagaimana Anda bisa menemukannya? Cukup kunjungi saja situs blanja.com dan masuk ke halaman promo Ramadhan dan Lebaran. Di halaman tersebut ada banyak sekali produk dekorasi Lebaran yang cocok untuk meramaikan suasana Lebaran. 
Dekorasi Meriah, Harga Murah Kamu bisa memilih untuk mendekorasi ruangan dari ruag tamu, kamar tidur hingga ruang…